Cara Menggunakan Perintah DIVIDE Dalam AutoCAD   Leave a comment

Rekan AutoCAD Jogjsa semua,cara menggunakan perintah Divide dalam AutoCAD ini bermaksud untuk membuat titik-titik pada sebuah objek yang jarak satu titik dengan titik yang lain sama,misalnya sebuah garis dengan panjang 100 dan akan dibagi menjadi lima titik dengan perintah divide kita bisa langsung medapatkan titik-titik tersebut dengan cepat dan benar.

Pada dasarnya membagi sebuah objek dengan jarak yang sama dapat kita lakukan secara manual yakni dengan penghitungan pembagian seperti halnya ilmu matematika yang biasa kita lakukan,hanya saja akan mengalami kesulitan ketika objek yang akan kita bagi rata jaraknya berbentuk setengah lingkaran ( Arc ),apalagi berbentuk garis lengkung tak beraturan ( spline )untuk itulah perintah divide muncul di dalam AutoCAD.

Pengertian perintah DIVIDE.

Perintah divide adalah sebuah perintah dalam AutoCAD yang berfungsi untuk membagi jarak sebuah objek dengan jarak yang sama,dengan perintah ini kita akan diberikan titik-titik point dengan jumlah yang kita inginkan namun dengan jarak yang sama.

Berikut pernyataan divide menurut tutorial asli dari Autodesk : anda dapat membuat sebuah objek yang anda pilih terbagi menjadi jumlah yang anda inginkan kemudian AutoCAD akan memberikan titik-titik hasil pembagian dengan jarak yang sama diantara titik tersebut.

Dengan titik-titik yang dihasilkan oleh perintah divide ini kita bisa jadikan acuan untuk menempatkan insert block,atau membuat objek baru.

Tutorial cara menggunakan perintah divide dalam AutoCAD.

  • Butalah sebuah garis searah sumbu X dengan panjang 150mm.
  • Masukan perintah divide.
  • Pilih objek garis tersebut kemudian isikan garis tersebut akan dibagi berapa ( 7 ).
  • Enter/ Selesai.

AutoCAD Tangerang

Penjelasan : dengan garis sepanjang 150mm dan dibagi 7 maka kita akan mendapatkan 8 titik dengan jarak yang sama yakni 21,43mm,berarti ruang yang terbagi tetap 7 ruang.

Nah sekarang silahkan anda praktikan menggunakan perintah divide menggunakan objek yang lain selain line,misalnya arc,spline,circle dsb.

Posted Januari 5, 2016 by tofan84 in Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: